Pertambangan SDA Andalan Negara Setelah Pertanian

Pertambangan SDA Andalan Negara Setelah Pertanian

Oleh : H. Wily Suhendi

Sumber daya alam berupa tambang, merupakan salah satu andalan negara Indonesia setelah pertanian. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam Geologik (Pertambangan emas) terutama yang ada di daerah Kabupaten Bogor, harus dikelola dengan baik dan tetap memperhatikan aspek lingkungan serta semata-mata hanya untuk kesejahteraan masyarakat.

Berbagai kepentingan dalam kegiatan pertambangan juga harus bisa memperhatikan kepentingan masyarakat hukum adat yang sejak kemerdekaan telah memiliki hak kepemilikan terhadap lahan yang dikelola sebagai wilayah pertambangan sehingga harus dihormati oleh negara melalui pemerintah.

Oleh karena itu, peran dan keberpihakan Pemerintah Daerah terhadap masyarakat hukum adat sangatlah diperlukan terutama dalam konteks kegiatan pertambangan. Karena tanpa adanya izin yang resmi dari pemerintah, tentu dan sudah pasti dilarang serta merupakan suatu aktifitas yang dianggap ilegal.

Upaya reformasi tambang rakyat yang telah dicanangkan oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bogor Nomor Urut 5 (lima), merupakan upaya kongkret yang menurut hemat kami telah sejalan dengan Pasal 1 UU No. 11 Tahun 1967 Tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pertambangan.

SELAMAT HARI JADI BOGOR YANG KE 536.

3 Juni 2018.

(Koord. Relawan AA, Wily Suhendi)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *