Polisi Amankan Belasan Sajam di Pelabuhan Tanjung Priok

Polisi Amankan Belasan Sajam di Pelabuhan Tanjung Priok

Perwira Pengawas Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Sukardi saat memeriksa barang bawaan penumpang KM Bahari Indonesia.

Jakarta, Metropol – Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengamankan 16 bilah golok di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (19/7). 16 bilah golok tersebut dibawa oleh penumpang KM. Bahari Indonesia yang datang dari Pontianak.

Di Pelabuhan Tanjung Priok, KM Bahari Indonesia menurunkan penumpang sebanyak 658 orang serta akan melanjutkan sekira 1.026 penumpang ke pelabuhan berikutnya.

Diketahui 16 bilah golok dan parang tersebut diamankan oleh polisi dari penumpang yang bernama Umrah dan Rusni. Ke duanya diketahui membawa senjata tajam saat aparat melakukan pemeriksaan dengan mesin X-Ray.

Ke duanya beralasan bahwa, golok dan parang tersebut dibawa dari Pontianak untuk keperluan bekerja di perkebunan sawit. Selain golok dan parang, dalam pemeriksaan X-ray tersebut juga didapati senapan angin kaliber 4,5 mm dengan pemilik bernama Hendra.

Selain itu, aparat juga mengamankan 19 ekor burung berbagai jenis antara lain 1 ekor burung Beo, 6 ekor burung Cakling, 9 ekor burung Kolibri, 1 ekor burung Pelatuk dan 2 ekor burung Trocokan yang tidak dilengkapi surat-surat.

Selanjutnya, oleh petugas burung-burung tersebut diserahkan kepada pihak Karantina Hewan Pelabuhan Tanjung Priok guna proses lebih lanjut.

Perwira Pengawas AKP Sukardi kepada Metropol mengatakan, pihaknya senantiasa melakukan pemeriksaan secara ketat terhadap barang bawaan penumpang.

Hal itu  dilakukan oleh pihak Polres Pelabuhan Tanjung Priok guna mendeteksi barang-barang berbahaya dan dilarang baik yang akan naik ataupun turun dari kapal.

“Apalagi saat ini celah bagi para penyelundup khususnya Narkoba memanfaatkan jalur angkutan laut untuk membawa dan menyelundupkan Narkoba sehingga perlu adanya penjagaan dan pengawasan yang ketat di pintu masuk dan keluar Dermaga Terminal Penumpang Nusantarapura II Pelabuhan Tanjung Priok,” jelas Sukardi.

Dia juga menambahkan, pemeriksaan yang digelarnya juga telah menjadi atensi dari Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Roberthus Yohanes De Deo.

(Risyaji)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *