Polres Berau Gelar Apel Operasi Zebra

Polres Berau Gelar Apel Operasi Zebra

Berau, Metropol – Polres Berau melakukan upacara persiapan Operasi Zebra tahun 2014, pada Kamis 26 November 2014, gelar apel Operasi Zebra yang yang di hadiri beberapa unsur Muspida ini berlansung penuh hikmah dan sederhana.

Wakapolres Berau Kompol Indratmoko, S.Ik dalam sambutannya mengatakan, kelancaran Lalulintas s a n g a t b e r p e n g a r u h p a d a pertumbuhan perekonomian dewasa ini, dalam konteks ini disebabkan tingginya pertumbuhan penduduk, bertambahnya jumlah kendaraan, kurangnya angkutan massal , pertumbuhan jaringan jalan yang rendah dan kurang disiplinnya kesadaran masyarakat dalam tertib lalulintas.

D i a n t a r a p e r m a s a l a h a n berlalulintas tersebut adalah meningkatnya pelanggaran lalulintas sehingga berpotensi menyebabkan pelanggaran lalulintas yang berakibat korban jiwa dan kerugian materil. Guna mengantisipasinya perlu dilakukan upaya untuk menciptakan situasi keamanan, ketertiban, kelanjaran berlaluntas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, dengan mengambil langkah yang konfrehensif guna ketertiban berlalulintas.

Maka dengan demikian diperlukan kerja sama instansi pemerintah yang terkait dalam membina K a m s e b t i b j a r tadi agar tercipta kelanjaran tugas dilapangan, sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam p e r m a s a l a h a n b e r l a l u l i n t a s , o l e h k a r e n a n y a p e m e r i n t a h m e n g e l u a r k a n Intruksi Presiden No 4 tahun 2013 tentang keselamatan jalan.

Program tersebut bertujuan untuk keselamatan berlalulintas, guna mewujudkan program tersebut, Polri khususnya lalulintas yang didukung pungsi lainnya dan melibatkan para pemangku kepentingan akan melaksanakan Operasi Zebra 2014, sebagai upaya cipta kondisi menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru.

Adapun sasaran dalam Operasi Zebra ini adalah, para pengguna jalan yang berlawanan arus lalulintas kendaraan roda dua, kendaraan yang menggunakan rotator dan sirine bukan peruntukannya, aksi geng motor ataupun balapan liar yang pada akhirnya menimbulkan kecelakaan lalulintas.

Dalam sasaran Operasi Zebra juga akan menertibkan kendaraan mobil yang terbuka, namun dipakai muat orang. Angkutan umum yang tidak layak pakai apalagi menurunkan angkutan bukan pada tempatnya.

Dari beberapa poin sebagaimana yang diamanatkan akan menjadi p r i o r i t a s L a l u l i n t a s d a l a m pengamanan Operasi Zebra tahun ini, agar terdorong dan tepat sasaran dalam pelaksanaannya. (Sofy)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *