Presiden Jokowi Hadiri Acara Mappanretasi

Presiden Jokowi Hadiri Acara Mappanretasi

Presiden RI dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam Acara Puncak Budaya Maritim Pesta Laut ”Mappanretasi” di Pantai Pagatan, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (7/5). (Foto: Humas/Agung).

Tanah Bumbu, Metropol – Presiden RI, Joko Widodo dan Ibu Negara Hj. Iriana Jokowi menghadiri acara Mappanretasi di Pantai Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (7/5).

Sebelum acara prosesi Mappanretasi tersebut, Presiden RI dan Ibu Negara terlebih dahulu menerima penghargaan dari Lembaga Adat Ogie. Pemberian penghargaan kepada Presiden Jokowi karena dianggap telah berkontribusi besar dalam melestarikan dan membesarkan salah satu budaya Suku Bugis Mappanretasi.

Sebagaimana diketahui, Mappanretasi adalah festival adat suku Bugis yang diturunkan secara turun-temurun dan dilaksanakan setiap bulan April di Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Mappanretasi merupakan salah satu budaya maritim yang dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rezeki yang dilimpahkan kepada seluruh nelayan di pantai Pagatan.

Pantauan Metropol, dalam acara budaya tersebut terlihat Presiden Joko Widodo berada di bibir dermaga mendekati ratusan kapal yang memuat aneka sesaji untuk pesta laut.

Dari informasi yang dihimpun oleh Metropol, jumlah kapal hias yang membawa tim Mappanretasi Pagatan sekira 400 kapal hias.

Namun Presiden Jokowi tidak naik ke kapal tetapi hanya mengantar sampai di dermaga tempat para tetua adat dan Sando (pelaksana ritual pesta laut) yang menjalankan prosesi di tengah laut.

Menanggapi kunjungan Orang Nomor Satu di Republik ini, salah seorang anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, H. Suryanto, S.Ag, MM yang akrab disapa Haji Anto mengatakan, kunjungan Presiden tersebut akan memberikan dampak positif bagi daerah.

Nurdin Abdullah bersama H Suryanto di Tanbu

H. Suryanto, S.Ag, MM anggota DPRD Tanah Bumbu yang juga Ketua NASA (kanan) bersama Bapati Bantaeng Prof. DR. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr (kiri) dalam kegiatan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kabupaten Tanah Bumbu. (Foto: Dok. MP).

Kata Haji Anto, kedatangan Presiden ini menjadi kebanggaan masyarakat Tanah Bumbu yang antusias menyambutnya yang sejak pagi hari sudah berada di lokasi Pantai Pagatan. Menurutnya, dengan kehadiran Presiden di acara adat tersebut akan meningkatkan keingintahuan khalayak akan budaya tersebut.

“Masyarakat sangat bangga dan senang atas kehadiran Presiden di Tanah Bumbu. Kehadiran Bapak Presiden dalam acara ini juga berarti memperkenalkan budaya ini ke khalayak ramai,” ujar Haji Anto yang juga Ketua NASA (Nurdin Abdullah Seleksi Alam) kepada Metropol di sela kunjungan Presiden RI.

Dia juga menyebutkan bahwa, kedatangan Presiden ke Tanah Bumbu merupakan sejarah, karena Presiden Joko Widodo juga menginap semalam di Tanah Bumbu.

Sebagaimana diberitakan, Presiden dan Ibu Negara berkunjung ke Provinsi Kalsel usai membuka Penas XV KTNA di Aceh. Di Bandara Iskandar Noor Banjarmasin, Presiden dan Ibu Negara  disambut langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bersama Ketua PKK Kalsel Raudatul Jannah, Pangdam VI/Tanjung Pura, Kapolda Kalsel dan semua unsur Forkopimda Kalsel.  Nampak juga terlihat Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, dan para tokoh lainnya.

Di Tanah Bumbu Presiden juga melaksanakan panen raya padi sawah di Desa Api-Api, selanjutnya menyerahkan beberapa program bantuan kepada warga yakni pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

(RR-MD)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *