PT Endekana Naikan Harga Mitan Sepihak

PT Endekana Naikan Harga Mitan Sepihak

Pergub Sultra, Nomor 6 Tahun 2013. Dok. MP.

Muna, Metropol – PT Endekana, salah satu agen penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis minyak tanah (Mitan) di wilayah Kabupaten Muna menaikan harga minyak tanah secara sepihak. Kenaikan harga BBM murah tanpa alasan jelas tersebut sontak meresahkan masyarakat Kabupaten Muna.

Dari pantauan Metropol, kenaikan yang dibuat sepihak oleh PT Endekana itu juga meresahkan sejumlah Agen Pangkalan Mitan yang ada di Pulau penghasil Kayu Jati itu.

Kepada Metropol, salah satu pemilik Agen Pangakalan di Kota Raha yang bernama KK mengatakan, jika harga Minyak Tanah per 1 Tangki 5 ton kini sudah dibanderol senilai Rp. 22.000.000,-.

Menurut dia, harga tersebut mengalami kenaikan sekitar Rp. 6.000.000,- dari sebelumnya hanya Rp. 16.000.000,-. Salah satu karyawan PT Endekana selaku Agen Penyalur yang tidak mau disebut namanya saat dikonfirmasi Metropol mengakui pihaknya telah menaikan harga minyak tanah.

Menurutnya, kenaikan harga itu berdasarkan hitungan jarak Pengambilan Minyak Tanah, karena sebelumnya Minyak Tanah itu diambil pihaknya dari Depot Pertamina Tampo, namun kini diambil dari Depot Pertamina Baubau.

Menyikapi persoalan kenaikan Mitan itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muna melalui Sekertaris Disperindag Kabupaten Muna Zainal, SE. kepada media ini mengatakan, bahwa belum ada kenaikan harga BBM jenis Minyak Tanah.

“Harganya masih mengikut harga lama sesuai SK Gubernur nomor 6 tahun 2013. Kalaupun ada kenaikan harga Minyak Tanah, terlebih dahulu pihak kami akan mensosialisasikan kepada konsumen,” kata dia kepada Metropol beberapa waktu lalu.

Namun, saat Metropol mengkonfirmasikan kepada pihak Pertamina Depot Tampo, Kepala Pertamina Depot Tampo enggan memberikan keterangan.

“Nanti konfirmasi dengan Pertamina Kendari saja,” ujarnya.

(Tim Metropol)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *