PT Sempurna Sejahtera Jadi Kebanggaan Warga Indonesia di Pulau Sebatik

PT Sempurna Sejahtera Jadi Kebanggaan Warga Indonesia di Pulau Sebatik

Pabrik Kelapa Sawit PT Sempurna Sejahtera

Nunukan, Metropol - Kehadiran PKS (Pabrik Kelapa Sawit) PT Sempurna Sejahtera menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia di Pulau Sebatik.

Di pulau perbatasan Indonesia Malaysia itu, PT Sempurna Sejahtera juga berhasil menggugah rasa nasionalisme warga Indonesia yang berdomisili di pulau tersebut.

“Yang menggembirakan saya adalah kehadiran perusahaan ini menumbuhkan rasa nasionalisme warga utamanya petani sawit,” ujar Saharuddin, warga Kecamatan Sebatik kepada Metropol, Minggu (16/4).

Selain itu kata dia, kehadiran PKS PT Sempurna Sejahtera juga menumbuhkan dan meningkatkan rasa percaya diri sebagai anak bangsa yang tinggal di perbatasan pada pergaulan internasional.

“Hadirnya perusahaan ini juga membuat kami percaya diri sebagai anak bangs, karena perusahaan ini merupakan  bukti kalau negara kita bisa juga mendirikan pabrik pengolahan sawit,” katanya lagi.

Tambahnya, sebelum PKS hadir pada tahun 2015 lalu, kesejahteraan hidup warga khususnya petani sawit di Pulau Sebatik sangat memprihatinkan. Pasalnya, harga TBS (Tandan Buah Segar) sawit milik petani di pulau Sebatik menjadi bulan-bulanan perusahaan milik warga Malaysia yang berada di Pulau tersebut.

“Kami tidak punya pilihan lain, kecuali menjual TBS itu ke perusahaan mereka” ujar Frank sapaan akrabnya.

Akibatnya, kata mantan anggota DPRD Kabupaten Nunukan itu, biaya produksi petani sawit  di Pulau Sebatik tidak sebanding dengan nilai jual yang diperolehnya. “Untuk beli pupuk saja tidak mencukupi,” ujarnya.

Menurutnya, rata-rata warga di Pulau Sebatik memiliki lahan seluas  2 Ha dengan potensi produksi 1 ton/Ha dalam sekali panen. Dalam sebulan petani dapat melaksanakan panen sebanyak dua kali, sehingga estimasi produksi sawit TBS petani mencapai 4 ton/bulan.

Lanjutnya, pada saat itu dengan hasil panen sebayak 4 ton/bulan  belum memberikan kesejahteraan bagi petani karena harga di sana (Perusahaan Malaysia red) paling tinggi RM .200/ton. Nilai tersebut jika dikonversi ke nilai mata uang rupiah setara dengan Rp 600 ribu /ton sehingga  total pendapatan petani hanya bisa mencapai Rp. 2400.000,-/bulan.

” Hasilnya sangat tidak memadai, karena masih akan dikurangi dengan biaya produksi” imbuhnya.

Masih kata dia, dengan hadirnya PKS Sempurna Sejahtera  pendapatan petani meningkat drastis hingga 150 persen.

“Saat ini harga TBS di perusahaan (PT Sempurna Sejahtera  red) adalah Rp. 1.500.000-/ton sehingga potensi penghasilan warga bisa mencapai Rp 6 juta/bulan,” terangnya.

Kondisi tersebut menyebabkan warga di Pulau Sebatik berbondong-bondong untuk mengelola kembali kebun sawitnya yang pernah terbengkalai sebelum adanya Pabrik Kelapa Sawit  itu.

Dia menegaskan, dengan kehadiran PT Sempurna Sejahtera di Pulau Sebatik telah membuat para petani tersenyum karena hasil penjualan TBS mereka sudah dapat memberikan penghidupan yang layak.

“Saat ini sudah tidak ada lagi lahan tidur di sini, semuanya sudah ditanami kelapa sawit,” imbuhnya.

Senada dengan itu, H. Muhtar  kepada Metropol  juga mengatakan, kehadiran PT Sempurna Sejahtera di Pulau Sebatik merupakan anugerah yang harus disyukuri.

Kata dia, kehadiran  PT Sempurna Sejahtera telah menghidupkan roda perekonomian di Pulau Sebatik, karena banyak warga yang menjadi berdaya berkat berdirinya pabrik itu.

“Semua masyarakat mendapatkan efek domino dari hadirnya perusahaan ini,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Pulau Sebatik merupakan pulau yang kepemilikannya oleh dua negara yakni Indonesia di sebelah selatan dan Negara Malaysia di sebelah utara. Di pulau ini terdapat sekitar 8000 Ha kebun  kelapa  sawit milik petani Indonesia. Sebelum PKS didirikan, hasil kebun sawit petani Indonesia di jual ke Perusahaan Malaysia yang arealnya berbatasan langsung dengan wilayah Indonesia. Alhasil setelah PKS PT Sempurna Sejahtera didirikan dan beroperasi pada tahun 2015 lalu, nilai jual TBS kelapa sawit milik petani di Pulau tersebit menjadi membaik.

(Guntur DJ)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *