Rekap Sosialisasi BNN Mataram Periode Januari – Juli 2018

Rekap Sosialisasi BNN Mataram Periode Januari – Juli 2018

Kepala BNN Kota Mataram, Drs. H. Nur Rachmat, Apt.

Mataram, NewsMetropol – Pencegahan dampak dari peredaran Narkoba terus menjadi giat Badan Narkotika Nasional (BNN).

Melalui Sosialisasi P4GN yang dilakukan secara intens dan konsisten, diharapkan mampu menekan angka pemakai, pecandu, dan pengedar, sehingga dari tahun ke tahun mampu meminimalisasikan tingkat prosentase pemakai dan pengedar menurun.

Kepala BNN Kota Mataram, Drs. H. Nur Rachmat, Apt., dalam sambutannya dihadapan 35 peserta pelaksana kegiatan, yang dilaksanakan dikantor BNN Mataram, pada Selasa (10/7), mengatakan dengan tegas bahwa bahaya narkoba tidak hanya mengancam warga masyarakat usia dewasa saja, tetapi adanya perubahan karakteristik yang signifikan, khususnya pada penyalahgunaan narkoba dikalangan usia dibawah 18 tahun.

“Narkoba telah menjangkit dan layaknya benalu. masyarakat lintas usia, mulai dari anak-anak hingga usia dewasa kian terjangkiti oleh barang haram tersebut, untuk itu perlu adanya beberapa hal konseptual dan strategi pencegahan,” ucap Nur.

Upaya sosialisasi P4GN di Kota Mataram dikatakannya telah banyak dilakukan sosialisasi sebagai upaya keras memberantas maraknya pengguna dan pengedar Narkoba.

Sosialisasi P4GN melalui tatap muka dan Kampanye Stop Narkoba dengan sasaran Pelajar, Masyarakat, Pekerja dan Keluarga sebarannya telah mencapai lebih dari 12.800 orang.

Insert konten atau partisipasi dalam event kegiatan di Kota MataramĀ  dengan sasaran Pelajar dan Mahasiswa sebarannya mencapai lebih kurang 10.000 orang.

Sementara desiminasi informasi melalui media cetak pembuatan leaflet, poster, banner dan Pemasangan Baliho di 7 titik di wilayah kota Mataram dengan sasaran masyarakat pengguna jalan sebarannya diprediksi mencapai 7.000 orang per jam pada saat arus lalu lintas padat.

Pemberdayaan Peran serta Masyarakat dengan terbentuknya para Penggiat Anti Narkoba baik di Instansi Pemerintah, Dunia Usaha/Swasta, Lingkungan Masyarkat dan Lingkungan Pendidikan. Capaian kegiatan ini telah mencapai 100% dengan sasaran 150 orang. Langkah langkah yang sudah dilakukan adalah Pemetaan wilayah Rawan Narkoba, workshop dan TOT, Monitoring dan Evaluasi serta Tes Urine.

Nur menambahkan, jumlah pasien Rehabilitasi di Klinik BNN Kota Mataram periode Januari s/d Juni 2018 sebanyak 79 orang Jumlah pasien yang telah menyelesaikan program Rehabilitasi 29 orang (36,7%).

“Periode Januari s/d Juni 2018 sebanyak 79 orang Jumlah pasien yang telah menyelesaikan program Rehabilitasi 29 orang (36,7%). Upaya pemberantasan yang merupakan tugas berat serta harus dilakukan secara sinergis dengan seluruh komponen masyarakat,” jelasnya.

Untuk semakin memantapkan langkah P4GN, pada tanggal 12 Juli 2018 mendatang, secara serempak digelar Puncak Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018, yang digelar di Kota Mataram dengan konsep taman kehidupan dengan lokasi Taman Sangkareang Kota Mataram.

(Amrin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *