Ribuan Bikers Semarakkan HUT Kodam V/Brawijayan ke 69

Ribuan Bikers Semarakkan HUT Kodam V/Brawijayan ke 69

Dandim 0809/Kediri Letkol Inf Slamet Suprijanto saat melepas ribuan bikers dengan rute Kediri – Mojokerto, Ahad (14/1).

Kediri, NewsMetropol - Kodim 0809/Kediri menggelar kegiatan Road Bike dengan rute Kediri – Mojokerto, Ahad (14/1).

Kegiatan yang diikuti ribuan bikers itu digelar dalam rangka memperingati HUT Kodam V/Brawijaya ke-69.

Dandim 0809/Kediri Letkol Inf Slamet Suprijanto mengatakan, para bikers tersebut dibagi atas 5 latarbelakang, yaitu komunitas bikers, pelajar, TNI – Polri dan PNS dilingkungan Pemda, para santri serta masyarakat umum.

Dikatakannya, start awal para bikers mengambil tempat di Makodim 0809/Kediri sekaligus diawalinya perjalanan yang menempuh jarak 69 km.

Dandim menginformasikan, seluruh lintasan bikers dari Kediri menuju Mojokerto sudah kondisikan, terutama di pertigaan, perempatan atau jalur keluar masuk kendaraan di tempat-tempat yang cukup rawan.

“Penempatan personil TNI dan Polri untuk mengamankan lintasan yang dipandang perlu, dilakukan untuk menjaga keselamatan para bikers, khususnya saat melintasinya,” ujarnya lagi.

Menurut dia, kesiapan tim medis untuk berjaga-jaga bila terjadi emergency pada bikers, juga telah disiapkan, baik yang berada di posisi garis depan maupun belakang.

“Kendaraan angkut juga selalu stand bay mengikuti perjalanan Kediri menuju Mojokerto, dan bila bikers tak mampu lagi melanjutkan perjalanan, akan langsung diangkut beserta sepedanya,” ujarnya lagi.

Dia menegaskan, bahwa sportifitas dalam berolahraga dan keharmonisan jarus tetap dijaga utamanya  kebersamaan TNI ditengah-tengah masyarakat, sehingga dapa mewujudkan soliditas TNI dan Polri dalam mengamankan jalannya road bike ini.

Apalagi berolahraga banyak keuntungannya, salah satunya menjaga badan kita tetap sehat dan bugar,” ujar Dandim Kediri Letkol Inf Slamet Suprijanto sebelum bendera start dikibarkan.

“Kita sudah mengantisipasi segala kemungkinan di setiap lintasan, agar semua peserta bisa enjoy menikmati udara pagi sekalian berolahraga. Saran saya, kalau tidak kuat, agar istirahat, jangan dipaksakan, karena perjalanan yang kita tempuh ini sangat jauh, 69,” imbuhnya.

Dia juga, mengkonfirmasikan, rute tempuh Kediri menuju Mojokerto sudah dilakukan test road, dengan memperhatikan kondisi aspal, kondisi arus lalu lintas, kondisi kecepatan normal sesuai jarak tempuh dan situasi tidak terduga, seperti turun hujan, sudah dikalkulasi beberapa hari jelang berlangsungnya road bike.

Menurut dia, dari jarak tempuh yang mencapai diatas 10 km, faktor fisik bikers juga sudah diperhitungkan, untuk itu penempatan personil TNI dan Polri tidak terpaku pada lintasan-lintasan pertigaan atau perempatan saja, tetapi dalam hitung kilometer juga sudah disiagakan.

Dia menyebutkan akan ada 6 kecamatan yang dilewati para bikers ini di Kediri, yaitu Kecamatan Kota, Ngasem, Gurah, Pare, Kepung dan Kandang, selanjutnya para bikers ini melawat ke Jombang dan puncaknya tiba di pendopo Trowulan Mojokerto.

Diketahui ribuan bikers dari berbagai daerah juga berkumpul di pendopo Trowulan, sekaligus ikut meramaikan HUT Kodam V/Brawijaya bersama-sama.

(Yudi/Ririn)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *