Sekda NTB Tinjau Pelaksanaan UNBK di Sejumlah SMK

Sekda NTB Tinjau Pelaksanaan UNBK di Sejumlah SMK

Sekda NTB Ir. H. Rosyadi Sayuti, saat meninjau pelaksanaan UNBK di sejumlah SMK di Kota Mataram.

Mataram, NewsMetropol – Sekda NTB Ir. H. Rosyadi Sayuti, M.Sc., Ph.D meninjau pelaksanaan UNBK di sejumlah SMK di Kota Mataram, Selasa (3/4).

Kata dia, pemantauan itu dimaksudkan untuk memastikan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sejumlah sekolah kejuruan di ibukota Provinsi NTB itu.

Lanjutnya, UNBK merupakan sebuah terobosan baru dalam sistem pendidikan untuk proses ujian nasional, dari yang berbasis manual atau kertas menjadi berbasis Komputer.

“Peralihan sistem ujian ini adalah sebagai suatu langkah strategis dalam mengeliminir terjadinya berbagai macam bentuk kecurangan yang terjadi dalam proses ujian nasional,” ujarnya kepada wartawan di sela kunjungannya di SMKN 4 Mataram.

Selain itu kata dia, UNBK juga mampu membentuk siswa-siswi yang kredibel dan berkarakter.

Sekda menyimpulkan, secara umum UNBK di Provinsi NTB berjalan dengan baik dan lancar, meskipun masih terdapatnya kendala teknis dalam pelaksanaannya.

“Secara umum UNBK untuk tingkat SMK di NTB berjalan dengan tertib dan lancar, walaupun ada satu SMK yang mengalami kendala teknis, namun sudah dapat diatasi dan akan dilakukan ujian susulan,” ungkapnya.

Untuk itu Sekda menghimbau agar kedepannya kualitas UNBK di semua jenjang pendidikan dapat terus ditingkatkan, mulai dari koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Seperti ketersediaan daya listrik yang aman agar tidak terjadi pemadaman pada saat proses ujian dan sisitem Information technology (IT) yang betul-betul matang. Dengan demikian kendala-kendala teknis yang terjadi sekecil apapun di lapangan dapat diminimalisir,” imbuhnya.

Rosyadi berharap, siswa dapat melaksanakan UNBK dengan penuh kejujuran guna melahirkan calon generasi-generasi emas NTB yang kredibel dan berintegritas.

Di tempat yang sama, kepala SMKN 4 Mataram Bakiriyanto,  SPd  memastikan pelaksanaan UNBK di tempatnya berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

“Semua berjalan lancar tanpa hambatan berarti, dari 360 peserta UNBK hadir semua,” tegasnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan UNBK dapat meminimalisir kebocoran soal ujian, karena soalnya yang muncul di layar peserta ujian diacak.

“Kebocoran soal UNBK bisa di pastikan tidak ada, karena soal yang muncul di layar komputer peserta itu berbeda,” tegasnya.

(Amrin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *