Sestama Bakamla RI Buka Senior Official Meeting

Sestama Bakamla RI Buka Senior Official Meeting

Sestama Bakamla RI, Laksda TNI Agus Setiadji bersama para perserta Senior Official Meeting (SOM), di Ruang Siladen Hotel Aryaduta, Manado, Rabu (10/5).

Manado, Metropol – Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Sestama Bakamla RI) Laksda TNI Agus Setiadji, S.A.P.  secara resmi membuka Senior Official Meeting (SOM), di Ruang Siladen Hotel Aryaduta, Manado, Rabu (10/5). Acara SOM tersebut diikuti oleh delegasi Bakamla RI dan  delegasi Australia Border Force (ABF).

Dalam releasenya kepada Metropol, Kamis (11/5) dikatakan bahwa, acara SOM yang diagendakan bersamaan dengan kegiatan Maritime Security Desktop Exercise ke-8 tersebut pada dasarnya untuk menindaklanjuti pertemuan antara Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo dan Commissioner ABF Roman Alexander Quaedvlieg pada 19 April 2017 lalu di Canberra Australia.

Selain itu, SOM di Manado ini merupakan pertemuan ke-2, sedangkan SOM yang pertama berlangsung 19 September 2015 silam di Canberra Australia.

Seperti yang diketahui, bahwa kedua negara bekerjasama dalam penyelenggaraan MSDE tiap tahunnya, sehingga pada even MSDE di Manado kali ini sekaligus dimanfaatkan sebagai forum guna memfasilitasi pertemuan antar pimpinan senior kedua lembaga.

Pertemuan ini memungkinkan pimpinan kedua belah pihak untuk mendiskusikan isu-isu penting dalam rangka memperkuat kerjasama bilateral Bakamla-ABF, serta mengulas kembali implementasi dari beberapa kegiatan yang dikerjasamakan, sekaligus mendiskusikan rencana kerjasama di masa mendatang.

“Pada pertemuan ini, saya ingin mengusulkan Bakamla-ABF dapat mendiskusikan tiga agenda utama”, ujar Sestama Bakamla RI pada kata sambutannya.

Lebih lanjut Laksda Agus menjelaskan, tiga agenda itu adalah mengulas implementasi hasil diskusi SOM sebelumnya, menindaklanjuti pertemuan antara Kepala Bakamla dengan Komisioner ABF pada 19 April 2017 dan membahas permasalahan lain yang meliputi pengaturan kerjasama keamanan maritim antara Bakamla dan ABF, serta rencana operasi Shearwater.

Dalam pertemuan tersebut hadir dari pihak Australia Deputy Commissioner of Operation ABF Michael Outram dan Commander Maritime Border Command Rear Admiral Peter Lever beserta sejumlah anggota delegasi.

(M. Daksan/Humas Bakamla)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *