SMPN 18 Mataram Siap Gelar UNBK

SMPN 18 Mataram Siap Gelar UNBK

Kepala SMPN 18 Mataram, Dr. H. Zulkifli, S.Pd., M.Pd.

Mataram, Metropol – SMPN 18 Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang Insya Allah akan dilaksanakan pada bulan Mei 2017 mendatang. Demikian dikatakan Kepala SMPN 18 Mataram Dr. H. Zulkifli, S.Pd., M.Pd, disela-sela kesibukan diruang kerjanya, pada Kamis (9/3) kemarin.

Lanjut Kepala SMPN 18 Mataram menjelaskan bahwa, UNBK hanya diikuti 15 sekolah dari 45 SMP Negeri dan Swasta di Mataram. Termasuk sekolah yang dipimpinnya dipastikan telah siap ikut UNBK. Siswa, siswi SMPN 18 Mataram Kls IX yang ikut UNBK sebanyak 67 orang, meninggal 1 0rang.sisa 66 orang.  “Murid keseluruhan sebanyak 199 orang. Masuk sekolah tiap hari 3 tahapan yaitu pagi, siang dan sore hari,” ujar Zulkifli.

Zulkifli juga mengatakan, adapun bantuan computer dari pihak swasta untuk menghadapi UNBK memang belum tercukupi, namun untuk mengatasi hal tersbut, kekurangan computer, para guru guru yang memiliki leptop siap meminjamkan kepada murid muridnya. “Untuk mengatasi kekurangan komputer dalam menghadapi UNBK, semua guru disekolah ini siap meminjamkan leptop kepada murid muridnya. Terbukti baru baru ini telah dilaksanakan uji coba dengan dua mata pelajaran yaitu bahasa Inggris dan Matematika ternyata berhasil,” kata Zulkifli.

Zulkifli mengakuinya, sekolah yang dipimpinnya memang jauh dari keramaian kota. tempatnya terpencil, persis dipinggir kota Mataram. Tidak ada pungutan. Sebagian besar siswa siswi berasal dari keluarga tidak mampu. “Namun demikian, SMPN 18 Mataram mampu bersaing dengan sejumlah SMPN yang ada ditengah Kota Mataram,” ungkapnya.

Zulkifli menghimbau kepada murid muridnya, dalam rangka menghadapi ujian Nasional (UN) agar rajin belajar, memanfaatkan waktu yang ada dan tetap disiplin. Demikian pula Zulkifli mengharapkan kepada orang tua siswa agar tetap mengawasi anaknya anaknya diluar sekolah dan membimbing belajar demi masa depan mereka. “Siswa, siswi sekolah ini Insya Allah tidak ada yang Narkoba dan hingga saat ini merokok pun belum pernah ditemukan,” harap Zulkifli.

Ditempat terpisah, pengamat pendidikan Dr. Syahrudin,M.Pd menyatakan bahwa, SMPN 18 Mataram usianya masih relalif muda. SMPN 18 Mataram didirikan pada tahun 2005 lalu dan lokasinya berada terpencil dipinggiran kota Mataram,“Dulunya sebelum Haji Zulkifli yang menahkodai sekolah ini, murid muridnya tidak disiplin dan sulit diatur. Kadang muridnya lari keluar dan loncat pagar sekolah karena tidak ada Satpam yang menjaga,” jelasnya.

Lanjut Syahrudin, dari kepemimpinan Haji Zulkifli disekolah ini, kini SMPN 18 Mataram berubah total, muridnya rajin masuk sekolah tepat waktu dan disiplin. Entah kiat apa yang dilakukan kepala sekolahnya kata dia sehingga murid muridnya disiplin. “Semoga SMPN 18 Mataram menjadi contoh bagi sekolah lainnya,” kata Dia kepada awak media sembari mohon pamit untuk menghadiri undangan rapat.

(Rahmat/Taqwa)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *