Tagana Lebak Selatan Sosialisasikan Penanggulangan Bencana Alam di Desa Ciherang

Tagana Lebak Selatan Sosialisasikan Penanggulangan Bencana Alam di Desa Ciherang

Tampak anggota Tagana Lebak Selatan Bandi, Anggota Polsek Cibeber Bripka Andri dan Kepala Desa Ciherang Jumhadi saat sosialisas, Senin (5/3).

Lebak, NewsMetropol – Tagana Lebak Selatan bersama Polsek Cibeber memberikan sosialisasi tentang penanggulangan bencana alam kepada masyarakat di Desa Ciherang, Kecamatan Cibeber, Senin (5/3) kemarin.

Tampak anggota Tagana Lebak Selatan, Bandi didampingi Polsek Cibeber diwakili Bripka Andri dan Kepala Desa Ciherang Jumhadi saat memberikan sosialisasi tersebut.

Bandi mengatakan, dalam menyikapi penangulangan bencana alam, masyarakat harus cepat tanggap, seperti adanya informasi dari BMKG atau sumber yang berwajib. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kejadian yang dapat memakan korban.

“Kita harus sadar bahwa letak geografis Lebak selatan ini dapat berpotensi bencana alam seperti gempa, banjir, longsor, dan tsunami, bahkan gunung meletus dari selat sunda ini,” katanya.

Usai memberikan sosialisasi, Bandi mewakili Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat Desa Ciherang yang terkena dampak akibat gempa belum lama ini terjadi.

Bandi mengatakan, penerima bantuan di Desa Ciherang sesuai data yang diterima hanya 10 KK, akan tetapi yang baru disalurkan logistik sandang pangan.

Dia berharap masyarakat yang menjadi korban dapat merasa terbantu dan terperhtikan, sambil menunggu bantuan dari provinsi untuk disalurkan.

“Tidak hanya Desa Ciherang saja yang akan kami tinjau untuk menyalurkan bantuan termasuk desa-desa yang lain di wilayah Kecamatan Cibeber, inilah kami selaku anggota Tagana,” tegas Bandi.

Elsa, warga setempat korban gempa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah telah memberikan bantuan sebagai bentuk keperduliannya.

“Alhamdullilah seperti yang sudah-sudah, meskipun bantuan hanya berupa logistik, namun kami selaku masyarakat sangat berterima kasih. Mudah-mudahan kedepannya pemerintah juga memberikan bantuan seperti semen dll,” ungkap Elsa.

Sementara Kades Ciherang, Jumhadi menjelaskan, bahwa ini program susulan dan sebagian besar sudah diberikan bantuan meski belum maksimal.

“Namun kami sangat berterima kasih atas perhatian BPBD yang disalurkan melalui Tagana, tinggal kami menunggu perhatian dari provinsi menginggat dari dampak gempa kemarin terjadi rusak berat dan banyak bangunan warga yang roboh dan perlu diberikan bantuan,” jelas Kepala Desa Ciherang.

(Firman/PZ4)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *