Tahun 2015 Peningkatan Kinerja Pendidikan di Pangkajene

Pangkep, Metropol – Kalau ada orang yang amat gencar melakukan upaya maksimal mewujudkan peningkatan kinerja bagi segenap  lembaga pendidikan yang ada di Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Baik sekolah unggulan, maupun handalan. Dia adalah Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan Olahraga dan Pemuda Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep, H. Sabri, S.Pd.,M.Pd.

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan Olaharaga dan Pemuda Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep yang membawahi 31 sekolah setingkat SD tiada henti-hentinya memotivasi kepala sekolah, maupun guru guna terwujudnya percepatan peningkatan kinerja. Hal ini tercermin dalam pertemuan pemantapan pelaksanaan tugas jajaran Dinas Pendidikan Olahraga dan Pemuda Kecamatan Pangkajene, dipimpin langsung Kepala UPTD Pangkajene, H. Sabri, S.Pd.,M.Pd, di gedung pertemuan SD Negeri 1/2  Pangkajene, Rabu (7/1/2015).

Menurut H. Sabri, bila selama ini UPTD Kecamatan Pangkajene telah berhasil menelorkan sejumlah lembaga pendidikan dasar sebagai sekolah unggulan antara lain, SD Negeri 28 Tumampua II Kecamatan Pangkajene. Kini, di tahun 2015 semua lembaga pendidikan yang ada di wilayah Kecamatan Pangkajene harus berjuang meningkatkan kinerjanya. Memang harus diakui, selama ini Kinerja Kepala Sekolah maupun guru – guru sudah cukup menggembirakan, namun ke depan perlu lebih ditingkatkan lagi, imbuhnya.

Setiap sekolah unggulan, diharapkan mampu mencetak dan melahirkan luaran yang benar-benar memiliki kemampuan handal. Bukan saja di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi terapan tetapi juga memiliki karakter dan sikap mental yang patut dicontoh oleh siswa lainnya.

Menurut H. Sabri, dalam setiap pertemuan rutin, diimbau kepada semua kepala sekolah untuk senantiasa memperhatikan upaya maksimal meningkatkan mutu dan kualitas anak didik. Apatah lagi pada saat menjelang Ujian Nasional (UN). Semua sekolah diharapkan melakukan kegiatan ekstra berupa belajar sore atau les. Baik diselenggarakan di sekolah maupun di rumah anak didik (private) dan dilakukan oleh guru masing-masing bidang studi.

Dengan ditetapkannya sejumlah sekolah unggulan,  memiliki nilai plus dalam memotivasi semua sekolah (SD) yang ada di Kecamatan Pangkajene untuk senantiasa meningkatkan mutu dan kualitas anak didiknya.

Menyinggung tentang visi dan misi unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Kecamatan Pangkajene, H. Sabri mengatakan visi kami adalah unggul dalam pendidikan menuju masyarakat mandiri, religius dan berdaya saing tinggi dengan misi meningkatkan pelayanan pendidikan terhadap masyarakat, meningkatkan mutu pendidikan serta meningkatkan kompetensi proporsionalisme tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan.

Itulah sebabnya semua kegiatan yang diselenggarakan di sekolah senantiasa mengacu pada visi dan misi unit pelaksana teknis dinas yang dijabarkan lebih lanjut sesuai visi misi sekolah masing-masing. Intinya kegiatan yang dilaksanakan terhadap anak didik merupakan aplikasi dari pendidikan karakter yang selama ini diperoleh disekolah untuk diimplementasikan oleh siswa di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. (Bisman)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *