Tangani Penganiayaan Jurnalis, Sinergi TNI-Polri Usut Sigap Kurun Waktu 24 Jam

Tangani Penganiayaan Jurnalis, Sinergi TNI-Polri Usut Sigap Kurun Waktu 24 Jam

Awak media bersama Kapolres Jember dan Dandim 0824 beserta jajarannya usai pertemuan di Aula Rupatama Polres Jember, Kamis (5/7).

Jember, NewsMetropol – Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, SH.SIK.MH., didampingi Dandim 0824 dan Kasat Reskrim Jember mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan secara instens terkait insiden aksi penganiayaan dan kekerasan terhadap jurnalis senior di Jember pada Rabu (4/7).

Hal itu disampaikannya di Aula Rupatama Polres Jember dalam rapat pertemuan awak media dan TNI-Polri, Kamis (5/7) kemarin.

Kusworo menjelaskan, laporan tersebut diterima Rabu malam, kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan koordinasi sinergi dengan rekan-rekan TNI.

“Karena memang pada malam hari itu pertandingan Persib Jember dan Sindo Dharaka. Dimana Sindo Dharaka itu adalah gabungan dari warga sipil atlit bola dengan rekan-rekan TNI,” jelasnya.

Kusworo mengatakan, pihaknya telah mendapatkan beberapa video insiden tersebut, sehingga pihaknya berkomunikasi dengan Danbrig, Kasbrig dan Dandim jember, Sub Denpom dan mengindifikasi beberapa pelaku dari video tersebut.

“Karena rekan-rekan media bertanya-tanya, apakah perkara ini akan ditindak lanjuti secara tuntas atau tidak?  Kemudian kami menggelar tanya jawab dan diskusi yang dihadir Kapolres, Danbrig, Kasbrig, Dandim dan Sub Denpom beserta seluruh awak Media baik itu dari IJTI, AJI, PWI dan FWLM,” terangnya.

“Disini kami informasikan bahwa perkara ini kami usut tuntas setelah kami petakan,” tambah Kusworo.

Kapolres Kusworo menegaskan, bahwa pelaku warga sipil akan ditangani oleh Polres Jember, sedangkan pelaku dari oknum TNI akan dilimpahkan ke Sub Denpom.

“Itulah kesepakatan kami dan berkaitan dengan jalannya perkembangan penyidikan tentunya,” katanya.

“Untuk rekan media bisa konfirmasi langsung ke kami dan akan diberikan informasi setiap saat. Kami sudah share nomornya Sub Denpom Jember, sehingga kapanpun kawan-kawan ingin mengetahui sejauh mana perkembangan perkaranya, oleh Denpom dipersilahkan untuk langsung hubungi Lettu Amirudin yang siap memberikan informasi untuk rekan-rekan media,” jelasnya.

Kemudian Kapolres Jember juga memberikan kesempatan kepada Kasat Reskrim Polres Jember, AKP Erik Pradana untuk menjelaskan sejauh mana penangan perkaranya? Siapa-siapa saja saksi yang di periksa? Hasil visum seperti apa? Dan langkah-langkah kedepannya seperti apa?

“Insya Allah perkara ini kita akan sinergi dengan TNI untuk menuntaskan sebagaimana harapan masyarakat, kami akan laksanakan secara profisional,” pungkanya.

(Andik)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *