Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX Latih Siswa Stikes Maluku Husada

Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX Latih Siswa Stikes Maluku Husada

Tampak tim evakuasi medis laut Lantamal IX saat melatih siswa Stikes Maluku Husada, di laut belakang Gedung Fasharkan Lantamal IX Ambon, Sabtu (25/11).

Ambon, Metropol – Sebanyak 73 siswa Program Profesi Ners Angkatan III STIKes Maluku Husada menerima pelatihan Evakuasi Medis Laut, di laut belakang Gedung Fasharkan Lantamal IX Ambon, Sabtu (25/11).

Dispen Lantamal IX dalam releasenya kepada Metropol menyebutkan bahwa Tim Evakusi Medis Laut Lantamal IX memeiliki komitmen untuk menjadikan Mahasiswa yang profesional, produktif, kreatif dan inovatif serta berwawasan kebaharian.

Karumktal dr. F.X Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K) Ali Setiawan, Sp.B., menjelaskan bahwa, kegiatan ini sangat penting, karena wilayah Maluku sebagian besar adalah lautan dan tidak menutup kemungkinan adanya pertolongan pada korban kecelakaan di laut maupun tenggelam.

Selain itu kata dia, kegiatan ini bertujuan mendukung Program profesi Ners dalam hal mempersiapkan mahasiswa dalam bentuk pengalaman belajar lapangan secara komperhesif.

Lanjut Letkol Ali Setiawan, kegiatan ini juga bertujuan menambah wawasan mahasiswa dalam penyelamatan kecelakaan di laut maupun korban tenggelam, pada saat itu perlu adanya evakuasi ke tempat aman.

“Didalam latihan evakuasi medis laut dibagi menjadi 2 tindakan yakni penyelamatan perorangan dan tim,” ujar, Karumkital

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, penyelamatan korban tenggelam secara perorangan dengan jarak berenang 20 Meter sekaligus melakukan penyelamatan korban tenggelam dan dibawa menuju ke darat.

Sedangkan pernyelamatan secara tim dimana satu orang terlebih dahulu berenang untuk menolong korban, kemudian 3 orang lainnya berenang dengan membawa tandu air untuk mengevakuasi korban ke tempat yang aman untuk mendapatkan pertolongan di darat.

Diharapakan seluruh mahasiswa Program Profesi Ners Angkatan III STIKes Maluku Husada dapat memahami pelajaran yang disampaikan, dimana dapat melaksanakan pertolongan yang sesungguhnya apabila terjadi kecelakaan di laut serta dibutuhkan Evakuasi Medis Laut.

(Deni M/Dispen Lantamal IX)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *