Tumbuh Kembangkan Kedisiplinan

Pangkep, Metropol – Peningkatan kedisiplinan, merupakan sebuah tantangan, sekaligus tuntutan pembangunan sektor pendidikan. Bukan saja diperuntukkan bagi murid-murid, tetapi juga yang terpenting adalah bagaimana dewan guru (pendidik) dapat memahami fungsi dan peranannya sebagai pendidik  profesional guna melahirkan generasi berprestasi, memiliki ilmu  pengetahuan handal dibarengi iman dan taqwa yang memadai. Bahkan, kedisiplinan hendaknya dapat ditumbuhkembangkan oleh setiap individu pendidik (guru) maupun Kepala Sekolah.

Hal inilah yang harus menjadi perhatian serius segenap pendidik yang bertugas di wilayah Kecamatan Liukang Tupabiring Kabupaten Pangkep, imbuh Kepala UPTD Dispora Kecamatan Liukang Tupabiring, Lukman Bakri, S.Pd, didampingi para pengawas masing-masing Abdul Azis, S.Pd serta Abdul Muin K pada pelaksanaan rapat rutin, yang berlangsung di kantor UPTD Liukang Tupabiring, Rabu (7/1/2014).

Lukman Bakri mengingatkan segenap kepala sekolah yang bertugas di wilayah Kepulauan Kecamatan Liukang Tupabiring agar senantiasa memperhatikan kehadiran guru-guru. “Kalau ada guru yang bandel, laporkan. Saya tidak akan menandatangani DP-3 nya. Kita harus berani mengambil tindakan tegas,” tandasnya.

Setiap kepala sekolah dituntut melakukan “Gebrakan” dalam rangka mewujudkan siswa berprestasi dan unggul berdasarkan iman dan taqwa dengan senantiasa memberi pelayanan profesional kepada murid-murid melalui pendidikan bermutu dan pembinaan karakter.

Di tahun 2015 ini, setiap kepala sekolah hendaknya membuat dan menyusun program prioritas. Setiap sekolah supaya memasukkan daftar usulan. Apakah rehab berat. Rehab ringan maupun penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) serta pengadaan kelengkapannya. Dalam hal ini prioritaskan ruang kelas dan perpustakaan. Susun program berdasarkan tahun kalender. “Jangan buat program Mercusuar,”  pinta Lukman Bakri.

“Hindari pelanggaran yang dapat merusak citra lembaga pendidikan serta tingkatkan pembinaan guru. Ini tugas Kepala Sekolah yang harus mampu diimplementasikan dengan sebaik-baiknya sesuai tupoksi masing-masing,” imbuhnya.

Menyinggung tentang peningkatan kinerja, Kepala UPTD Kecamatan Liukang Tupabiring, mengajak segenap kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja. Setelah itu, tim penilai kinerja dari UPTD Kecamatan akan menindaklanjuti hasil penilaian para kepala sekolah. “Penilaian kinerja dilakukan berdasarkan tahun kalender,” tandasnya. (Firman)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *