UI dan Pemkot Batu Sosialisasikan Implikasi Perdagangan Bebas

UI dan Pemkot Batu Sosialisasikan Implikasi Perdagangan Bebas

Para peserta sosialisasi usai acara

Batu, Metropol – Universitas Indonesia (UI) dan Pemkot Batu melakukan sosialisasi tentang implementasi perdagangan bebas di gedung rupatama Balaikota Among Tani Kota Batu, Jumat (21/7).

Hadir dalam acara tersebut pelaku usaha UMKM, para Petani Apel dan puluhan mahasiswa UI.

Narasumber dari Diskoperindag adalah Inol Ertadiyansyah, SH.MM., Kasi Pembinaan Usaha dan Pengembangan Ekspor Impor, sedangkan narasumber Universitas Indonesia adalah Dosen dari Departemen Kesejahteraan Sosial, Fentiny Nugroho, PhD.

Menurut Fentiny mengatakan, tujuan sosialisasi di Kota Wisata Batu memberikan pemahaman agar pelaku usaha dan petani di Kota Batu memiliki persamaan bahwa implikasi perdagangan bebas adalah ancaman.

“Barang dari luar negeri bisa dengan mudah masuk ke negara kita. Namun hal ini dapat memberikan peluang bagi pelaku usaha dan petani untuk menunjukkan produk terbaiknya,” katanya.

Oleh karenanya, kata dia. Kesiapan harus dilakukan dengan melibatkan segala aspek, termasuk Pemerintah yang memiliki peranan penting untuk bisa membantu.

Feni menjelaskan, berdasarkan penelitiannya 2 tahun lalu bahwa kondisi Apel Batu mengalami penurunan, sehingga mempengaruhi kehidupan Petani.

“Kami berupaya agar Apel Batu yang memiliki rasa segar tersebut makin jaya,” katanya.

Menambahkan keterangan, Panitia pelaksana kegiatan dari UI  mengatakan, tema sosialisasi adalah program kapasitas unggulan daerah yang bertujuan meningkatkan ilmu pengetahuan dengan menyasar pada pengemasan yang baik dan menarik dari segi pemasaran.

(Yud/Rin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *