Umat Budha Adakan Bakti Sosial dan Berbagi Takjil di Hari Raya Waisak

Umat Budha Adakan Bakti Sosial dan Berbagi Takjil di Hari Raya Waisak

Tampak umat Budha saat membagikan takjil di depan Wihara, Jl. Protokol Ir. Sukarno Hatta, Selasa (29/5).

Batu, NewsMetropol - Umat Budha Kota Batu memperingati Hari Raya Waisak dengan rangkaian bakti sosial dan berbagi Takjil di Wihara, Jl. Protokol Ir. Sukarno – Hatta, Selasa (29/5).

Acara bakti sosial berlangsung pada pukul 9.00 WIB, berupa donor darah, terapi dalong (teknik pijat) pengobatan longdifitologi (menyalurkan energi kepada orang yang memiliki masalah kesehatan), dan pemberian santunan ke panti asuhan berupa sembako, sedangkan pembagian takjil diberikan menjelang buka puasa pukul 17.00 WIB.

Ketua Panitia Perayaan Waisak, Kadek Yudi Murdana mengatakan, kegiatan tersebut menunjukkan kepedulian kepada saudara pemeluk agam Islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa dan  mempererat hubungan antar umat beragama.

Untuk pembagian takjil disiapkan sejumlah 700 bungkus makanan yang dibagikan oleh umat Budha dan dibantu anggota Sanggar Wihara, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang bernama Viria Cipta Budaya dan beranggotakan lintas agama.

Sehubungan dengan peringatan Hari Raya Waisak di Kota Batu, Kadek mengatakan, kegiatannya telah disatukan dalam satu pendalaman selama satu bulan berupa ceramah dan juga meditasi.

Puncak acara adalah hari ini, dimulai pukul 18.30 WIB, diawali dengan cara melakukan penghormatan mengelilingi Wihara dilanjut puja Bakti, puncaknya pukul 21.30.13 WIB semua umat Budha bersama-sama melakukan meditasi.

Menurut Kadek, tujuannya adalah menghormati Sang Budha Gautama dan melakukan perenungan 3 peristiwa Agung, yaitu saat kelahiran Sang Budha di kerajaan dan saat pergi meninggalkan kerajaan, bermeditasi sampai menjadi Budha hingga mendapat penerangan sempurna, kemudian saat wafat pada bulan purnama.

“Ketiganya berlangsung di bulan yang sama yaitu bulan Waisak,” kata Kadek yang juga seorang dosen di salah satu perguruan tinggi di Indonesia.

Sementara itu, dalam kegiatan tampak terlihat anggota Polisi, TNI, Linmas, Ormas yang berjaga-jaga di dalam dan di luar Wihara, serta para anggota lalu lintas.

Selanjutnya Kanit Reskrim Polsek Junrejo, Karjito yang bertugas sebagai Pamdal (Petugas Pengamanan Dalam) mengatakan, moment Waisak adalah peringatan hari raya terbesar umat Budha. Oleh karenanya, untuk mengamankan kegiatan tersebut Polres Batu mem-back up sepenuhnya yang bekerjasama dengan Babinsa, Babinmas, Linmas dan Intern Wihara.

“Pengamanan ini juga bertujuan mengantisipasi adanya kejadian terorisme,” katanya.

“Agar pelaksanaan berjalan lancar dan aman, Polres Batu menerjunkan 2 regu. Yang pertama dimulai pukul 08.15 WIB., hingga 15.00 WIB., dan regu kedua pukul 15.00 WIB., hingga selesai,” tambah Karjito yang menjadi Pamdal di regu kedua.

(Yud/Rin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *