Walikota Batu Jadi Irup Hari Lahir Pancasila 2018

Walikota Batu Jadi Irup Hari Lahir Pancasila 2018

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko saat membacakan amanat Presiden RI dalam upacara Hari Lahir Pancasila, Jumat (1/6).

Batu, NewsMetropol – Dalam rangka peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 bertepat pada tanggal 1 Juni, seluruh jajaran Pemerintah Kota Batu melaksanakan upacara yang dipimpin langsung Walikota Batu, Dewanti Rumpoko bertindak selaku Inspektur Upacara, Jumat (1/6).

Hadir Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo, Wakil Ketua DPRD Kota Batu Hari Danah W dan Nurrochman, Kapolres Batu Kota AKBP Budi Hermanto, Perwakilan kodim 0818 Batu-Malang, Perwakilan Kejaksanaan Negeri Batu, Perwakilan anggota Parpol,LVRI,  Para Kepala OPD, serta seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Batu.

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko menyampaikan, bahwa sebentar lagi akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.

Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi- ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

“Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa ini, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan.

Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Lebih lanjut Walikota Batu dalam membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” imbuhnya.

“Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada para founding fathers atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang kita nikmati saat ini,” lanjut Dewanti membacakan amanat Presiden RI.

Presiden RI dalam amanatnya mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian.

“Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” pesannya.

(Yud/Rin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *