Warga Desa Waesala Dapatkan Pelayanan Kesehatan Gratis

Warga Desa Waesala Dapatkan Pelayanan Kesehatan Gratis

Suasana bakti sosial kesehatan berupa pengobatan gratis kepada masyarakat di daerah pesisir digelar oleh Lantamal IX Ambon bekerja sama dengan STIkes Maluku Husada dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting Baguala.

Ambon, NewsMetropol – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Maluku Husada dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting Baguala, kembali menggelar kegiatan sosial kesehatan berupa pengobatan gratis kepada masyarakat di daerah pesisir.

Bakti sosial kali ini dilaksanakan pada tiga lokasi yakni terpusat di Dusun Taman Jaya, Dusun Telaga-Piru dan Desa Waesala Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat.

Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan diantaranya pelayanan kesehatan umum, pelayanan spesialis bedah, kebidanan dan khitanan massal, Sabtu, (28/4) kemarin.

Pada acara pembukaan kegiatan Baksos kesehatan yang dilaksanakan di SD Inpres Taman Jaya mengangkat tema peduli masyarakat pesisir menuju Sedari (Sehat, Sejahtera dan Mandiri).

Dalam sambutannya Ketua Yayasan STIKes Maluku Husada Lukman Labasi mengatakan bahwa pelaksanaan Baksos kesehatan yang digelar merupakan rangkaian kegiatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa STIKes Maluku Husada.

“Semoga dengan kegiatan kerjasama ini menjadikan panjangtangan pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat melalui bidang kesehatan,” ujar Ketua Yayasan STIKes Maluku Husada.

Selain itu, Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang yang diwakili Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Karumkital) dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon Letkol Laut (K) dr. Ali Setiawan., Sp.B., menyampaikan kegiatan tersebut merupakan pengembangan wilayah kemaritiman untuk membina daerah pesisir, sehingga kedepan rencananya akan dibangun rumah sakit kebaharian.

“Komandan Lantamal IX sangat mengapresiasi kegiatan kerjasama yang dilakukan STIKes Maluku Husada karena sejalan dengan visi dan misi TNI AL dengan harapan pelayanan kesehatan di pulau-pulau terpencil akan terpenuhi,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pembina Yayasan Maluku Husada Hamdan Tunny mengatakan kegiatan ini adalah merupakan penjabaran dari Tri Dharma Perguruan Tinggi tentang salah satu tujuan pencapain, salah satunya yakni dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang pelayanan kesehatan.

Pengobatan yang dilaksanakan sangatlah membantu masyarakat karena dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya serta biasanya berobat harus menempuh perjalanan yang jauh untuk mendapatkan pengobatan, kali ini cukup datang di lokasi bakti sosial kesehatan terdekat.

Jumlah keseluruhan pasien yang datang berobat di tiga lokasi Baksos sebanyak 996 orang dengan rincian khitan massal sebanyak 25 anak, bedah minor berjumlah 3 orang, kebidanan sebanyak 331 orang dan sisanya pasien pelayanan kesehatan umum.

Pada pelayanan kebidanan di Dusun Taman Jaya Kab SBB didapatkan beberapa pasien ibu-ibu dengan hasil pemeriksaan IVA Positif dan di follow up ke Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX, sementara pada pelayanan spesialis bedah di Telaga Piru Kab SBB ditemukan 2 pasien yang diduga tumor jinak saat ini sudah dievakuasi menggunakan Ambulan Laut Lantamal IX Ambon menuju Rumkital dr. F.X. Suhardjo. Ambulan laut tersebut merupakan kerjasama Lantamal IX dan STIKes Maluku Husada.

Dia berharap kerjasama ini tidak akan putus ditengah jalan, namun kedepannya akan semakin lebih maju dan menjadikan masyarakat mengerti pentingnya menjaga kesehatan.

(M. Daksan/Dispen Lantamal IX)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *