Warga Urbub Siap Bekerja Sama dengan Satgas Yonif Raider 509 Kostrad

Warga Urbub Siap Bekerja Sama dengan Satgas Yonif Raider 509 Kostrad

Uskup wilayah Jayapura Leo Laba Ladjar, OFM, Wakil Bupati Keerom Pieter Gusbager dan Satgas Yonif Raider 509 Kostrad beserta rombongan pada kunjungan Paroki Gereja Santo Benediktus Ubrub, Kamis (19/9).

Keerom, NewsMetropol – Uskup wilayah Jayapura Leo Laba Ladjar, OFM dan Wakil Bupati Keerom Pieter Gusbager beserta rombongan mengunjungi Paroki Gereja Santo Benediktus Ubrub, Kamis (19/9).

Kehadiran kedua orang tersebut adalah dalam rangka Misa Krisma Pelantikan Pengurus baru Dewan Paroki Gereja Santo Benediktus Ubrub, dari Darius Debem kepada Elias Tuu.

Dalam kesempatan pertama, kunjungan disambut dengan Tarian wale-wale oleh para pria adat yang dipimpin oleh ketua adat (ondoafi).

Tarian ini adalah tarian asli daerah Distrik Web sebagai tarian penyambutan tamu secara adat, yang dilengkapi dengan pakaian adat dan senjata tradisional berupa busur dan anak panah dari kayu disertai nyanyian lagu daerah sebagai ucapan selamat datang dan juga merupakan tarian perdamaian apabila terjadi pertikaian antar suku atau antar kelompok tertentu.

Dalam kunjunganya, Uskup menyampaikan kepada para tetua adat, tokoh masyarakat dan Pemuda yang hadir bahwa masyarakat harus dapat menjaga hubungan baik dengan aparat pemerintah maupun aparat keamanan yang ada di wilayah.

“Jangan terpengaruh oleh isu-isu ataupun berita yang menjurus pada perusakan dan pertikaian, masyarakat tetap melaksanakan aktifitas seperti biasa, jangan ada perasaan kecurigaan antara masyarakat dengan aparat. Masyarakat harus saling bekerja sama dalam pembangunan, dan juga berterima kasih kepada Satgas Pamtas yang telah turut hadir di tengah tengah kegiatan masyarakat,” tuturnya.

Senada dengan itu, Wabup Keerom Pieter Gusbager mengucapkan terimakasih atas kehadiran Satgas Pamtas Pos Ubrub dalam kegiatan kunjungan tersebut.

Ia juga menyampaikan banyak hal terkait pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah Distrik Web meliputi pembangunan di bidang kesehatan,  kesenian dan Budaya daerah, sesuai saran dan masukan dari para tokoh adat dan tokoh masyarakat, serta akan memaksimalkan peranan dan kinerja aparat pemerintah di tingkat distrik.

Sementara itu, salah satu ketua adat Distrik Web Yan Jebleb menyampaikan bahwa warganya akan sangat mendukung program pembangunan dari pemerintah serta akan selalu bekerja sama dengan pemerintah dan TNI.

(Red)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *